Rose Utina's Blog
Sumber Inspirasi dan semangat hidup

Cerita Usang (Kasih yang hilang)……

Seorang wanita memandang dari kejauhan sekolah yang pernah menjadi tempatnya untuk menimba ilmu …….setelah berpuluh tahun sekolah itu ditinggalkannya,  teringatlah ia apa yang pernah menjadi cerita dan sejarah di masa lalunya, kenangan indah yang pernah dia rasakan bersama teman-temannya,  kenangan tentang guru dan kenakalan-kenakalan teman-temanya……..cerita-cerita lucu juga cerita tentang kesedihan. Semua bercampur jadi satu disini…………………..

Tiba-tiba air matanya menetes kembali…..ketika seseorang yang dulu pernah singgah dalam hatinya muncul kembali dalam kehidupannya ….ingatannya kembali ke masa lalu…. saat itu pemuda yang pernah singgah dalam hatinya hadir dan menyapanya…….. ada kebekuan pada saat jumpa kembali…….. wanita itu  seperti tak percaya bahwa yang dihadapannya adalah seseorang yang beberapa tahun yang silam sangat dicintainya ……………

Seolah tak percaya, wanita ini hanya bisa diam dan menangis kembali……pemuda itu bingung…….terjadi percakapan, sang pemuda bertanya ” ada apa, kamu punya masalah ya “,  tangisan wanita ini semakin miris membuat sang pemuda tidak sampai hati lagi untuk bertanya ……. dalam hati wanita ini berkata ” sampai detik ini belumkah  kamu merasakan apakah yang selama ini aku rasakan” , tidak pekanya kamu atas rasa yang selama ini aku rasakan……..”

Akhirnya pemuda itu….sampai berpisah tidak berkata-kata dan wanita itupun semakin menyisakan kesedihan yang begitu mendalam.  Diapun berkata ” seandainya saja kita tidak dipertemukan lagi, mungkin perasaan ini akan aku kubur selamanya.

Setelah pertemuan itu wanita dan pemuda ini memberikan informasi mengenai keadaan dan status mereke masing dan tak lupa saling bertukar alamat.

Malam yang hening,  setelah perpisahan wanita itu dengan sang pemuda……

Wanita ini masih tetap memikirkan moment-moment pertemuan mereka yang terjadi hanya beberapa menit saja.  Ada  kerinduan kembali……. dan flash back tentang kisah-kisah indah antara mereka kembali menerawang dalam ingatannya, wanita itupun  masih tetap memikirkannya, sehingga tercipta suatu puisi yang sungguh sangat menyentuh untuk dibaca :


Kalau saja kau melihat air mata

kalau saja kau bisa menyembuhkan hatiku sekali lagi

bahkan ketika aku menutup mata hanya ada gambar wajahmu

aku baru menyadari bahwa aku kehilangamu

Aku sendiri  dalam malam

kemarin diriku adalah sepatah kata tak bersuara

Sejak hari dimana kau pergi, kenapa kau meninggalkan aku tanpa alasan yang jelas,

tanpa kepastian dan tanpa kabar

dalam hatiku kaulah satu-satunya memori yang masih tertinggal

Aku menyusuri jalan-jalan yang telah kita lalui bersama

mengingat kenangan  kita bersama dimasa muda

masih banyak yang harus aku katakan dihari dimana kau pergi meninggalkan aku

sedih…kau pergi menjauh

bagaimana mungkin aku harus meneruskan……….

aku sudah kehilangan banyak kata-kata

aku menangis sejak hari itu…

Kamu pernah berdiri dalam terangku

tapi segala sesuatu lebih atau kurang muncul begitu bermakna

aku berjalan sendiri malam ini melintas jalan yang kita lalui bersama

kasih, apa yang dapat aku lakukan sekarang..

sepertinya semuanya sudah berakhir………

kalau saja aku bisa memutar kembali kenangan itu…..

mengapa kita tak pernah tahu perasaan itu sampai perpisahan itu terjadi


Seminggu berlalu wanita ini masih mencari……sehingga akhirnya menemukan jawaban yang selama ini tak pernah dia dapatkan sebelumnya.

” aku tahu,  ada sesuatu yang kamu cari selama ini, kata sang pemuda setelah berjumpa kembali ” masihkah kamu butuh jawaban setelah berpuluh tahun tanpa kepastian? ” wanita ini terdiam membisu.  “Aku meninggalkanmu ada alasan, tapi ketahuilah bahwa sebenarnya aku pergi membawa cintamu pula, hanya saja saat itu jarak dan komunikasi kita entah dengan cara apa ” wanita inipun menangis……….lega sudah perasaan yang selama ini menghimpitnya ……tak kuasa ia menahan air matanya……..karena ternyata pemuda itupun mencintainya…… perasaan yang selama ini dia pendam terlepas sudah…………

Dengan masih muka sedih wanita ini  berkata ” masihkah aku bermimpi??? “aku sudah banyak kehilangan cintamu, betapa menderitanya aku setelah kepergianmu dan apakah cintamu sama dengan yang saya lakukan.  Masih banyak yang harus kukatakan saat itu, tapi kau pergi menjauh, aku masih ingat kenangan itu saat kita masih sama-sama muda. Pada hari dimana kau pergi ada air mata diwajahku.  Sekarang kutahu dan benar-benar tahu perasaan kita sama.

Sekarang…bagaimana aku harus meneruskan…kamu datang menjelaskan dan pergi lagi…….kutahu ini sudah berakhir dan aku sudah siap untuk jatuh…., semua  sudah berakhir, kenangan tingallah kenangan……… namun terima kasih atas semuanya karena aku sudah mengukir sejarah dalam hidupmu.

Sekarang dan selamanya kau masih ada dihatiku, tidak peduli apa yang mereka katakan, akan berada disini (di dada), jika nantinya takdir yang memanggil aku harus tetap kuat, aku mungkin tidak akan bersamamu namun aku harus tetap bertahan…………..

Begitulah hidup…… apa yang selama ini kita harapkan belum tentu dapat kita raih, tapi  yang tidak kita inginkan  itulah  milik kita yang sejati.

     to be continued....

Belum Ada Tanggapan to “Cerita Usang (Kasih yang hilang)……”

Tinggalkan Balasan

