Rose Utina's Blog
Sumber Inspirasi dan semangat hidup

Vertigo …. apakah itu ?????

Untuk selalu kuingat pada saat buka blog ini…..

Akhir-akhir ini aku mengalami pusing2, aku pikir ini adalah gejala kurang darah ataupun darah tinggi….seingatku penyakit ini pernah kualami pada saat awal aku kerja dan waktu masih di back office………………jadi setelah itu aku periksakan diri ke dokter  ternyata aku mengalami gejala Vertigo dan bukannya darah rendah, malah tekanan darah jadi naik…. gimana tuh padahal penyakit darah tinggi ini belum pernah aku alami selama ini, apakah karena faktor usia atau pola makan yang kurang teratur ataukah ada penyakit lainnya….???.

Mulailah aku membuka-buka artikel2 mengenai ” Gejala Vertigo” ini,  dan dari sumber yang dapat aku temukan ini aku mendapat penjelasan mengenai apa itu Vertigo itu.  Semoga bacaan ini dapat menjadi pedoman untukku dan untuk teman-teman yang membuka blog ini.

APA “VERTIGO” ITU ?????

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari.
Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Sebagian besar penderita biasanya menderita vertigo setelah menjalankan pekerjaan yang melelahkan,seperti misalnya sering dalam durasi lama menggunakan komputer,kecapaian,terlalu banyak pikiran/stress.Hal ini kemungkinan besar menyebabkan penyempitan pembuluh darah di alat keseimbangan,sehingga aliran darah tidak memadai kebutuhan alat keseimbangan baik di perifer maupun susunan saraf pusat.

Gangguan tersebut bisa disebabkan karena adanya gangguan fungsi,atau bisa juga akibat kerusakan alat keseimbangan tersebut,gangguan fungsi saraf dalam telinga dalam,saraf keseimbangan,bahkan gangguan pada pusat keseimbangan di susunan saraf pusat (otak) kecil di bagian belakang (brainstem). Seringkali vertigo ini disertai rasa mual sampai muntah sehingga badan merasa lemas,berkeringat dingin.

PENYEBAB

Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ

keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam.

Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang

menghubungkan telingan dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.
Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan

tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dapat melihat sumber di bawah ini.

GEJALA

Penderita merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar; atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar.

DIAGNOSA

Sebelum memulai pengobatan, harus ditentukan sifat dan penyebab dari vertigo.

Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.

Tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran.

Pemeriksaan lainnya adalah CT scan atau MRI kepala, yang bisa menunjukkan kelainan tulang atau tumor yang menekan saraf.

Jika diduga suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang.

Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

PENGOBATAN

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya, untuk lebih jelasnya dapat melihat sumber kami di bawah ini.

Ada juga informasi yang kami dapat bahwa pengobatan cina lebih maximal dibanding dengan pengobatan modern seperti dengan akupuntur ataupun totok.

Yang perlu diperhatikan diwaktu pusing, penderita sebaiknya tiduran dengan posisi telentang, tenangkan pikiran dan tutup mata bernapaslah dengan lembut. Dengan menggunakan jari sendiri perlahan gosok kedua bola mata cara ini dapat melancarkan energi disekitar kepala yang dapat meringankan pusing dan kunang2.

Untuk penderita dilarang banyak makan makanan yang mengandung lemak dan minyak karena dapat menimbulkan lembab dahak yang dapat memberatkan penyakit.

Jika ada riwayat seperti itu,penderita harus mulai bisa menyesuaikan diri dengan segala aktivitasnya,supaya tidak terjadi gangguan vertigo lagi. Beberapa penderita akhirnya membaik dengan cara ini,terutama jika disertai refreshing secara rutin,misalnya olahraga ringan secara teratur dan sebagainya.

Sumber : ITC Women Indonesia dan http://www. Medicastore.com

Belum Ada Tanggapan to “Vertigo …. apakah itu ?????”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: